Analisis Usaha Mie Ayam Jamur Madina Kelapa Dua,Depok

 BAB I
PENDAHULUAN

1.      LATAR BELAKANG PENELITIAN

“Bisnis kuliner memang tidak pernah mati.” Sadar atau tidak, dengan pertumbuhan penduduk yang semakin banyak maka semakin banyak pula kebutuhan pangan yang harus disediakan.

Adapun makan  adalah kebutuhan utama bagi seluruh makhluk hidup, tidak hanya manusia tetapi hewan serta tumbuhan juga membutuhkan makan. Sebab makanan itulah yang nantinya akan diolah dan dijadikan sumber energy, sehingga kita dapat terus beraktivitas. Umumnya orang akan memasak sendiri makanan yang akan ia makan, dengan maksud lebih hemat dan terjamin. Namun seiring berjalannya waktu, hal tersebut kini mulai berubah, dimana-mana tersebar penjual makanan termasuk mie ayam. Selain karena lebih praktis dan harga yang ditawarkan tidak terlalu mahal, alasan lain yang membuat orang suka makan mie ayam adalah karena mie merupakan makanan yang mengenyangkan karena terbuat dari karbohidrat yang berfungsi sebagai pengganti nasi. Hal tersebut yang membuat usaha mie ayam dapat dijadikan sebagai peluang usaha yang menjanjikan. Karena peluang bisnis tersebut akan dibutuhkan sampai kapanpun, dan prospek kedepannya semakin bagus seiring bertambahnya jumlah penduduk.

Usaha adalah salah satu kegiatan ekonomi yang bertujuan untuk mencapai keberhasilan guna memenuhi kebutuhan finansial yang dikembangkan oleh pemilik Usaha terbagi menjadi tiga yaitu usah kecil, usaha menengah, dan usaha besar. Walaupun tingkatnya berbeda namun dalam menjalankannya sama-sama dibutuhkan tanggung jawab dan keberanian dalam menerima resiko. Serta cara pengembangannya pun relatif sama.Wirausaha ini bukan faktor keturunan atau bakat, tetapi sesuatu yang dapat dipelajari dan dikembangkan.

Dalam kewirausahaan perlu adanya pengembangan usaha, yang dimana dapat membantu para wirausahawan untuk mendapatkan ide dalam pembuatan barang-barang yang akan dijadikan produk yang akan dijual. Dalam proses pengembangan usaha ini diperlukannya jiwa seseorang wirausaha yang soft skill yang artinya  adanya ketekunan berani mengambil resiko, terampil, tidak mudah putus asa, mempunyai kemauan terus belajar, memberi pelayanan yang terbaik kepada konsumen, bersikap ramah terhadap konsumen, sabar, pandai mengelola dan berdo’a. karena semua usaha dan rencana tidak akan berhasil tanpa adanya ridho dari Allah SWT.


2.      POKOK PERMASALAHAN

A.     PEMBATASAN MASALAH

Pembatasan masalah untuk penelitian ini kami mengambil contoh usaha dagang di bidang kuliner yaitu Mie Ayam Jamur Madina, yang terletak di Jalan RTM Kelapa dua Depok.


B.     PERUMUSAN MASALAH

“Apakah yang membedakan bisnis Mie Ayam Jamur Madina dengan bisnis mie ayam lain nya? Dan apakah usaha mie ayam jamur ini dapat menguntungkan?”


3.      TUJUAN DAN MANFAAT PENELITIAN

Tujuan kami dalam melakukan penelitian dan pembuatan laporan ini adalah untuk menerapkan teori berwirausaha dalam prakteknya di dunia bisnis.

Manfaat dari penelitian ini, diantara nya adalah untuk menumbuhkan serta meningkatkan  jiwa berwirausaha terutama di kalangan anak muda atau mahasiswa.
Kami berharap makalah ini dapat memberikan banyak manfaat bagi para pembaca khususnya bagi para pelajar/mahasiswa yang ingin menjadi seorang wirausahawan yang hebat dan bahkan mampu menciptakan lapangan pekerjaan yang baru bagi masyarakat kelak. Semoga makalah ini mampu memberikan bekal, motivasi, yang sangat berguna bagi pembaca.



BAB II
LANDASAN TEORI DAN KERANGKA PEMIKIRAN

1.      KAJIAN PUSTAKA

Dalam kajian pustaka ini, di uraikan tentang pengertian Wirausaha, Pemasaran, Pelayanan dan Promosi. Penguraian tersebut adalah sebagai berikut :

1.      Wirausaha

Istilah wirausaha diperkenalkan oleh Prof. Dr. Suparman Sumahamijaya pada tahun 1975 dengan menjabarkan dalam istilah aslinya yaitu entrepreneur, dalam arti mereka yang memulai usaha baru, menanggung segala resiko, dan mendapatkan keuntungan.

Kata “Wirausaha” merupakan terjemahan dari istilah bahasa inggris entrepreneur, yang artinya adalah orang-orang yang mempunyai kemampuan untuk melihat dan menilai kesempatan peluang bisnis. Saya menggambarkan pengusaha sebagai orang yang mampu memindahkan sumber-sumber ekonomi dari tingkat produktivitas rendah ke tingkat produktivitas tinggi karena mampu menghasilkan produk yang lebih banyak.

Kewirausahaan berasal dari kata wira dan usaha. Menurut dari segi etimologi (asal usul kata ). Wira, artinya pejuang, pahlawan, manusia unggul, teladan, gagah berani, berjiwa besar, dan berwatak agung. Usaha, artinya perbuatan amal, bekerja, berbuat sesuatu. Jadi, wirausaha adalah pejuang atau pahlawan yang berbuat sesuatu. Wirausaha dapat mengumpulkan sumber daya yang di butuhkan guna mengambil keuntungan dari padanya, dan mengambil tindakan yang tepat guna untuk memastikan keberhasilan usahanya. Wirausaha ini bukan faktor keturunan atau bakat, tetapi sesuatu yang dapat dipelajari dan dikembangkan.

2.      Pemasaran

Pemasaran adalah segala daya upaya manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginannya melalui proses tukar-menukar yang layak dan teratur, sehingga kedua belah pihak yang melaksanakan pertukaran dapat memperoleh kepuasan.

3.      Promosi

                Basu Swastha DM dan Irawan (1999), promosi merupakan insentif jangka pendek untuk mendorong pembelian atau penjualan dari suatu prodak atau jasa. Menurut Stanson (1999), atau promosi adalah kombinasi strategi yang paling baik dari variabel-variabel periklarian, penjualan personal dan alat promosi yang lain, yang semuanya direncanakan untuk mencapai tujuan program penjualan.

                Menurut Siswanto sutojo (1986: 178) : “ kegiatan promosi adalah kegiatan untuk memperkenalkan produk, meyakinkan dan mengingatkan kembali manfaat produk kepada para pembeli.

4.       Pelayanan

            Menurut Bharata seperti dikutip Erlando, pelayanan adalah suatu kegiatan atau urutan kegiatan yang terjadi dalam interaksi langsung antara seseorang dengan orang lain atau mesin secara fisik, dan menyediakan kepuasan pelanggan.


2.      KERANGKA PEMIKIRAN
Semakin ketatnya persaingan bisnis dan usaha di indonesia,sehingga membuat segala macam pelayanan yang sangat menarik ditawarkan demi memanjakan konsumen mulai dari harga,kualitas bahan mkanan variasi menu,pelayanan baik,sampai tempat yang bersih menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan. Maka pelaku bisnis mencari ide untuk membuka suatu  bisnis atau usaha yang banyak diminati oleh semua kalangan agar suatu usaha dapat berjalan dengan suatu bisnis dapat berjalan dengan sukses.

Salah satu usaha yang dapat diminati oleh semua kalangan adalah mendirikan usaha rumah makan,karena semua orang tahu makanan adalah kebutuhan manusia yang paling utama. Usaha rumah makan disebut sebagai usaha yang diminati oleh semua kalangan,karena baik pekerja,ibu rumah tangga,mahasiswa,maupun pelajar dapat merasakan usaha rumah makan tersebut. Para pekerja dapat meluangkan waktunya kerumah makan pada saat makan siang atau bertemu relasi klien. Dan apabila seorang ibu rumah tangga yang menjadi wanita karir dan tidak sempat untuk memasak untuk suami dan anak-anaknya dapat membelinya dirumah makan tersebut.

Salah satu rumah makan yang diteliti penulis dalam  penulisan ilmiah ini adalah rumah makan “MIE AYAM JAMUR” di jalan raya rtm kelapa dua depok. Rumah makan ini terletak berada ditengah-tengah perumahan padat penduduk dan disana juga terdapat salah satu pusat perbelanjaan yang cukup ramai.


BAB III
METODE PENELITIAN


1.      TEKNIK PENGUMPULAN DATA

1)      KEPUSTAKAAN (DATA SEKUNDER)

2)      DATA PRIMER

Ø  Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode survei.

·        Pengumpulan data melalui buku dan internet mulai tanggal 03 Desember 2013.

·        Wawancara dan observasi langsung, dilakukan pada hari Rabu, 18 Desember 2013

Ø  DAFTAR PERTANYAAN

Kepada Pemilik;

1.      Siapa nama pemilik dari usaha Mie Ayam Jamur Madina?
2.      Ada berapa jumlah karyawan di Mie Ayam Jamur Madina?
3.      Pada awal memulai usaha berapa modal yang digunakan? Dan berapa Keuntungan per bulan berapa?
4.      Bagaimana cara Strategi promosi untuk menjalankan usaha ini?

2.      TEKNIK PENGOLAHAN DATA
Pengolahan berasal dari kata olah yang berarti mengerjakan, mengusahakan supaya menjadi barang lain atau menjadi lebih sempurna. Pengolahan berarti proses, cara perbuatan mengolah.
Data berarti keterangan yang benar dan nyata; dan atau keterangan atau bahan nyata yang dapat dijadikan dasar kajian.
Jadi, pengolahan data ialah proses, cara, perbuatan mengolah semua keterangan

3.      TEKNIK ANALISIS DATA

Menurut Patton, 1980 (dalam Lexy J. Moleong 2002: 103) menjelaskan bahwa analisis data adalah proses mengatur urutan data, mengorganisasikanya ke dalam suatu pola, kategori, dan satuan uraian dasar. Sedangkan menurut Taylor, (1975: 79) mendefinisikan analisis data sebagai proses yang merinci usaha secara formal untuk menemukan tema dan merumuskan hipotesis (ide) seperti yang disarankan dan sebagai usaha untuk memberikan bantuan dan tema pada hipotesis.


BAB IV
ANALISIS DAN PEMBAHASAN


1.      DESKRIPSI OBYEK PENELITIAN
Mie Ayam sangat mudah di temukan di wilayah Indonesia. Olahan mie yang di campur dengan potongan-potongan kecil ayam kecap bersama dengan rebusan sawi hijau serta taburan bawang goreng dan daun bawang, sangat menggiurkan. Selain dapat dinikmati langsung seperti itu, Mie Ayam sudah ada banyak variasi, seperti Mie Ayam Bakso, Mie Ayam Pangsit, Mie Ayam Jamur, dll.
Salah satu yang unik dan menyehatkan adalah Mie Ayam Jamur, Mie ayam dengan potongan jamur diatasnya cocok untuk dinikmati kapan saja. Dengan kandungan jamur yang baik untuk kesehatan, Mie Ayam Jamur ini pun menjadi favorit. Warung Bakso di daerah Depok tepatnya di RTM Kelapa Dua, menyediakan menu Mie Ayam Jamur ini.

2.      ANALISIS DATA

Mie ayam jamur Madina, usaha yang di bangun oleh Bapak. Hawani lima tahun lalu awal mula nya bermodal kan Rp. 6.000.000,- . Berbekal keunggulan cita rasa kekenyalan dan bumbu yang tidak mengandung msg.  Namun warung mie ayam jamur Madina milik bapak hawani tidak pernah sepi pengunjung. Setiap hari nya mie ayam jamur Madina tidak pernah kurang dari 60kg mie ayam habis terjual dengan dibantu 6orang karyawan.
Usaha ini memakai grobak jualan mie ayam jamur dengan perkiraan :
Perkiraan Masa Pakai
Ø  Gerobak : 5 tahun
Ø  Peralatan masak: 3 tahun
Ø  Peralatan makan : 2 tahun
Ø  Perlengkapan lain-lain : 1 tahun.
Biaya Investasi
Ø  Gerobak                                    : Rp 3.000.000,00
Ø  Peralatan masak             : Rp 1.500.000,00
Ø  Peralatan makan             : Rp 1.000.000,00
Ø  Perlengkapan lain-lain                 : Rp    500.000,00
Ø  Total investasi                            : Rp 6.000.000,00
Dapat di ketahui keuntungan yang diperoleh bapak Hawani (pada tahun 2013) dari hasil penjualan mie ayam jamur perhari nya adalah sebesar :

1 kg mie untuk 12 porsi
·        Keuntungan perhari:
60 kg x 12 porsi x Rp. 9.500 (rata-rata harga jual mie ayam) = Rp. 6.840.000

·        Keuntungan perbulan :
Rp. 6.840.000 x 30 hari = Rp. 205.200.000

Promosi yang di lakukan Mie ayam jamur Madina untuk memperkenalkan usahanya adalah dengan cara memasarkan melalui website dan juga melalui mulut ke mulut. Dengan melihat keuntungan per hari nya bisa dikatakan usaha Mie ayam jamur Madina termasuk usaha yang sangat menguntungkan.


3.      PEMBAHASAN

Peluang Usaha Makanan Unik Mi Ayam Jamur. Pola hidup sehat yang menjadi tren saat ini, ikut membawa keuntungan bagi para pelaku bisnis makanan olahan jamur. Hal tersebut dibuktikan dengan makan banyaknya gerai-gerai makanan yang menjajakan cemilan berbahan dasar jamur. Salah satu diantaranya yang paling populer makanan olahan jamur adalah mie ayam jamur.

Mie ayam jamur Madina, memulai usaha mie ayam sejak tahun 2009 di kelapa dua depok, mie yang kami sajikan adalah mie ayam jamur tanpa penyedap  rasa atau msg. Dengan memadukan bumbu yang lezat sudah menjadi pengganti msg. Jadi rasa enak itu tanpa harus dengan penyedap berbahan kimia yang membahayakan untuk tubuh.

Mi ayam jamur madina memang memiliki cita rasa yang berbeda dari mie ayam kebanyakan. Mie yang diracik sendiri ini memiliki kekenyalan dan rasa yang gurih berasal dari ayam yang direbus dan menghasilkan kaldu yang nikmat. Kedai yang buka setiap hari sejak pukul 9 pagi hingga 9 malam ini selalu ramai dikunjungi, namun pelayanan nya cukup cepat dan memuaskan.
Pada awal memulai usaha, Mie ayam Madina menjual semangkuk mie dengan harga 5000 dan 7000 pakai bakso, harga murah bukan berarti rasa yang biasa akan tetapi pelanggan kami mengatakan PALING ENAK PALING MURAH.

Sekarang Mie Ayam Madina hanya mematok harga Rp.15.000 untuk seporsi mie ayam jamur paha ayam, selain ayam yang dicincang dan ditumis dengan jamur merang, anda akan disuguhkan paha ayam dengan ukuran yang cukup besar. Jika ingin lebih hemat, anda dapat memesan mie ayam yamin dengan rasa yang didominasi  rasa manis dan sangat nikmat ditambah pangsit rebus dan bakso. Anda cukup merogoh kocek sebesar Rp.8.000 saja. Untuk menu pilihan lain seperti mie ayam brokoli lada hitam, mie ayam daging sapi, bihun ayam, kwetiau madina, dan berbagai mie ayam jamur lainnya. Masing-masing harga yang ditawarkan tidak mencapai Rp. 20.000 per porsi.


Adapun cara membuat sajian 1 porsi mie ayam jamur adalah :
Bahan :
300 gr mie basah, rebus, tiriskan
1 sdm minyak sayur
1 sdm kecap asin

Tumisan Ayam :
1/2 ekor (500 gr ayam), sisihkan daging dan tulangnya
200 gr jamur, potong kecil-kecil
3 siung bawang putih, cincang halus
50 ml air
2 sdm saus tiram
1 sdm kecap asin
2 sdm kecap manis
Minyak untuk menumis
Kuah :
1000 ml kaldu ayam (dari rebusan tulang ayam)
3 siung bawang putih, digeprak
3 sdt garam
1 sdt merica bubuk
1 sdt gula pasir
1 batang daun bawang, iris halus
10 buah bakso sapi


Pelengkap :
Kulit pangsit, digoreng
Sawi hijau, seduh dalam kuah, potong-potong
Sambal botol
Cara mengolah :
1.      Ayam jamur : Panaskan minyak, tumis bawan putih hingga harum. Masukan daging ayam, aduk hingga berubah warna. Tambahkan saus tiram, kecap, merica, garam, dan air kaldu. Masak hingga mendidih. Masukan jamur merang, masak hingga layu dan kuah menyusut. Angkat.

2.      Seduh mie hingga matang dan lapisan tepung hilang. Angkat, tiriskan dan sisihkan.

3.      Kuah : Panaskan minyak, tumis bawang putih hingga harum. Tuang air kaldu, didihkan. Tambah garam dan merica, aduk rata. Masak hingga mendidih dan matang. Angkat.

4.      Angkat mie, atur sawi hijau, ayam jamur di atasnya. Taburi dengan bawang  goreng dan daun bawang.

5.      Tuang kuah di mangkuk kecil beserta pelengkap.

6.      Sajikan.












BAB V

PENUTUP

1.      KESIMPULAN

Mie ayam jamur Madina, memulai usaha mie ayam sejak tahun 2009 di kelapa dua depok, di dirikan oleh Bapak.Hawani. Mie yang mereka sajikan adalah mie ayam jamur tanpa penyedap  rasa atau msg. Dengan memadukan bumbu yang lezat sudah menjadi pengganti msg. Jadi rasa enak itu tanpa harus dengan penyedap berbahan kimia yang membahayakan untuk tubuh.

Mi ayam jamur madina memang memiliki cita rasa yang berbeda dari mie ayam kebanyakan. Mie yang diracik sendiri ini memiliki kekenyalan dan rasa yang gurih berasal dari ayam yang direbus dan menghasilkan kaldu yang nikmat. Kedai yang buka setiap hari sejak pukul 09 pagi hingga 9 malam ini selalu ramai dikunjungi, namun pelayanan nya cukup cepat dan memuaskan.

Mie Ayam Madina hanya mematok harga tidak lebih dari Rp.15.000 untuk seporsi menu unggulan yaitu mie ayam jamur paha ayam, selain ayam yang dicincang dan ditumis dengan jamur merang, anda akan disuguhkan paha ayam dengan ukuran yang cukup besar dan Rp. 8.000 untuk mie ayam jamur biasa. Harga murah bukan berarti rasa yang biasa akan tetapi pelanggan kami mengatakan PALING ENAK PALING MURAH.

2.      SARAN

Ø  Buatlah inovasi-inovasi baru dalam membangun usaha agar terdapat perbedaan yang mendorong calon konsumen untuk selalu merasa penasaran mencoba produk kita.

Ø  Giat dan pantang menyerah dalam bekerja,berdoa dan berusaha.

Komentar

  1. pembahasannya sangat lengkap gan, banyak membantu pembaca dalam menambah wawasan seputar usaha, khususnya usaha kuliner mie ayam. terimakaish...
    Aplikasi Kasir Restoran Android

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROSES PENELITIAN, MASALAH, VARIABEL, DAN PARADIGMA PENELITIAN

Cara Membuat Scrapbook S3 (Super Simple Sekali)